Senin, 27 Juni 2011

Kelompok Ternak Sapi SUMBER RAHAYU

 Sumberdalem, 27 Juni 2011
Sejumlah para peternak sapi yang berada didusun Mlandi Desa Sumberdalem ini mencoba menanggulangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh bau dan kotoran dari kandang sapi yang berada di tengah kampung sehingga bau yang menyengat itu sangat mencemari udara dan kotoran sapinya mencemari lingkungan perkampungan. sehingga mereka para petani Ternak dusun mlandi bertekad bersama untuk membuat kandang yang agak berada dipinggir Dusun sehingga terbentuk suatu Kelompok Ternak dengan nama SUMBER RAHAYU dan mereka membuat kandang bersama di salah satu lahan Bengkok Kepala Desa Sumberdalem yang berada di sebelah selatan dusun mlandi sampai sekarang masih berdiri dan masih digunakan.
   34 orang yang menjadi anggota kelompok ternak tersebut yang dipimpin oleh seorang Ketua yaitu Bp. Slamet Mujiono warga dusun mlandi RT 06/04. dan jajaran pengurus lainnya yang menggantikan ketua kelompok yang lama yaitu Bp Mubari RT 09/04 yang berdiri pada tahun 2001 sampai sekarang sudah berjalan 10 tahun..
 BUDI DAYA
sebagian besar para peternak sapi di kelompok Sumber Rahayu ini memelihara sapi potong dengan sistem budidaya Penggemukan, setiap empat bulan para peternak sapi potong ini memotongkan Sapinya di RPH wonosobo setelah selama empat bulan dimulai dari pengadaan bibit dengan umur kurang 1 th atau lebih dengan diberi pakan Rumput yang juga di campuri dengan pakan lain yaitu seperti Konsentrat dan ampas tahu kadang di campur dengan Ubi Kayu, dipotongkan dengan sistem jual daging. banyak ragam jenis sapi potong yang dipelihara seperti Simental, Limosin, Sapi Onggol/PO sapi Brahman dan jenis sapi potong lainnya namun kebanyakan mereka memelihara sapi yang berjenis Simmental.
SISTEM BAGI HASIL
Kebanyakan para Peternak Penggemukan sapi potong ini nggaduh atau bagi hasil dengan para insvestor yang mau menggaduhkan sapinya di peternak dengan itungan 60 ; 40 ada juga yang 50 ; 50 ada juga yang 70 ; 30 dari hasil penjualan daging yang sebelumnya Modal sudah diambil dulu, " saya beli bibit sapi di pasar hewan Wonosobo seharga 5 juta setelah saya pelihara 4 bulan saya potongkan di RPH mendapatkan hasil 7 juta, aku kebagian 800 ribu untuk pemodalnya 800 rb dan yang 400 rb untuk operasional dan pakan " kata Bp Slamet Mujiono yang dengan akrabnya dipanggil Slamet Gendul. banyak sekali investor dan para Pemodal yang ikut menanamkan saham berupa hewan ternak berupa sapi potong di kelompok ternak Penggemukan sapi potong Sumber Rahayu dusun Mlandi. setiap peternak rata-rata memelihara 3 atau 4 ekor bahkan ada yang sampai 7 ekor.
BERJAYA
Ketika awal berdirinya Kandang tersebut banyak sekali para pembimbing dan juga perhatian dari dinas peternakan Pusat atau daerah Propinsi atau kabupaten Kota pada kelompok ternaktersebut, bahkan juga sebagai tempat Pengkajian dan wahana belajar para mahasiswa. namun sekarang seperti tiada sentuhan dari pihak instansi terkait karena dikira kelompok tersebut sudah bubar, pada kenyataanya memang pada saat pertengahan 2004 harga bibit sapi mahal namun harga daging sangat murah sehingga para peternak banyak yang tidak memelihara, namun setelah kondisi mulai stabil kini sudah bertambah para peternak yang mau memelihara dan sudah berjalan kembal, namun ternyata kini bangunan kandang tersebut sudah mulai banyak yang rusak dan perlu perehaban lagi.

9 komentar:

  1. "Sumberrahayu" itu juga nama dari desaku. di desa ini juga byk kelompok ternak sapi.
    semoga desa kita akan terus berkembang shg ksejahteraan masyarakatnya semakin meningkat baik. smg bisa jadi desa teladan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 berdo'a semoga desa kita semakin maju, perekonomian semakin bagus sehingga sejahtera semua mbak

      Hapus
  2. maaf ini sumberrahayu mna ya? kota mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini Kelompok Tani Sumber Rahayu dusun Mlandi Desa Sumberdalem Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo Prov. Jawa Tengah

      Hapus
  3. ada yg jual ampas tahu, hub :087756204000

    BalasHapus
  4. pak mau menawarkan TEPUNG ROTI MANIS untuk pakan sapi
    harga 3000/kg (nego)..
    stok 10 ton/minggu
    hub: 085725943964

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa di sampaikan manfaat tepung roti manis bagi sapi..?

      Hapus
  5. mas sunar, saya butuh salada air, mohon hubungi saya di 081808895067

    BalasHapus