Rabu, 22 Juni 2011

Swadaya Pembangunan Jalan Pertanian

Sumberdalem,  21 Juni 2011
Pembuatan Badan jalan Tembus dusun mlandi sampai Desa Maduretno yang sudah dimulai Pelaksanaannya sebulan yang lalu sampai sekarang masih terus dilaksanakan dalam tahap penyelesaian. sepanjang + 1,5 km tersebut dilaksanakan dengan swadaya murni warga masyarakat dusun Mlandi dan seluruh jajaran Perangkat Desa Sumberdalem. dan ketika pelaksanaan yang pertama juga dihadiri atau mendapat Bantuan Personel dari KODIM 007 Kabupaten Wonosobo berjumlah sekitar 50 orang yang siap ikut membantu kegiatan pembuatan badan jalan tersebut. juga dihadiri dari jajaran instansi Kecamatan bahkan Camat Kertek Bp. Agus Wibowo pun ikut hadir dan memberikan Motivasi terhadap warga masyarakat dalam melaksanakan kegiatan tersebut, "Masyarakat jangan selalu mengandalkan Bantuan keuangan guna Pembangunan saja tapi bangunan tersebut agar bisa berjalan dengan baik perlu diadakan Swadaya dan peran serta partisipasi masyarakat.
Seluruh warga melaksanakan swadaya yang sampai sekarang hampir selesai. jalan tersebut dibuat karena ingin meningkatkan Taraf Ekonomi Desa, selain itu juga tanah terbet dibuat untuk mempermudah seluruh petani sekitarnya bisa memanfaatkannya sebaga jalan utama dan membawa dan menjual hasil Pertaniannya. "sekarang dengan di bangunnya badan jalan itu aku jadi dengan mudah membawa hasil Pertaniannya.." kata salah seorang Petani.
Seluruh tanah yang ikut terkena Pelebaran Badan jalan tersebut tidak ada yang meminta ganti rugi kepada pihak Desa. semua diserahkan dengan ikhlas oleh seluruh pemiliknya secukupnya, dengan lebar jalan 2 sampai 1,5 meter lebar badan jalan dan panjang mencapai 1,5 km. itu sangat Bemanfaat bagi Petani seluruh Desa Sumberdalem umumnya dan Petani Dusun Mlandi pada khususnya, setelah pembangunan jalan itu jd diharapkan bisa dipelihara dengan baik oleh seluruh warga sampai dengan ada pembangunan selanjutnya. seperti Talud Pembatas Jalan (TPT) atau senderan irigasi, sebuah harapan yang disampaikan oleh Kepala Desa Sumberdalem Bp. RAHMAT SE setelah selesai ikut Gotong royong.
jalan itu bakal dijadikan sebagai jalan Ekonomi Pertanian (JEP) sebagai sarana Peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar