Senin, 31 Oktober 2011

Tekun Beternak Kambing

31-10-2011,  Bulan Haji (Idul Adha)yang selalu dinanti oleh H. Sugito Diharjo,  55 tahun warga Dusun Mlandi dukuh RT 01 RW 01 Desa Sumberdalem Kec. Kertek seorang peternak kambing yang sudah  menekuni profesi tersebut selama 5 tahun,  jauhari sudah mempersiapkan banyak  kambing untuk dipersiapkan di jual kepada para pembeli yang akan di gunakan sebagai hewan kurban di tahun ini, sudah banyak pembeli yang mendatangi kandangnya yang berada di dekat rumahnya,  kambing tersebut yang  memenuhi syarat2 sebagi hewan kurban ,  semakin dekat hari raya Idul Adha semakin besar pesanan, beliau mematok harga sesuai pasar dan sangat terjangkau , dari harga dari Rp, 1 juta sampai dengan 3 juta,  dan siap diantarkan sampai tujuan.
Dengan di bantu 2 orang pekerja yang mencarikan rumput dan ampas tahu sebagai pakannya dipelihara 120 ekor kambing didalam kandang yang berukuran + 200 meter  yang setiap pasaran yaitu kliwon dan legi mengeluarkan untuk di jual dan dipasarkan di pasar lokal namun ada juga yang langsung datang kekandangnya, juga membeli bibit yang baru untuk  dipelihara dan dibesarkan  dari umur 7 sampai 10 bulan, begitulah perputaran perekonomian yang di lakukan dengan manajemen yang baik , dan juga sebagai penyedia daging sapi yang di pasarkan oleh istrinya Sabariyah di los daging pasar kertek.
Ketekunannya diawali dari pembuatan kandang sederhana yang Cuma dipelihara 10 ekor kambing yang berjalan selama 5 tahun sehinga sampai mencapai 120 ini dijadikan pokok mata pencahariannya, selain itu juga menerima jual beli Kulit sapi atau kambing sebagai sampingan dari profesi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar